Tips dan Trik Berselancar dengan Opera 12

Hai apa kabar sobat OPERA LOVERS ada kabar baru buat Opera lovers nic, kini Opera telah merilis versi final Opera 12. Yang telah di update terbarunya kali ini, Opera fokus kepada beberapa perubahan yang  menekankan fungsi dan dipadukan estetis penggunaan.

Jika dilihat dari fitur tema hingga user interface. Opera terlihat ingin mengubah citranya yang selama ini kelihatan kaku, dan tak beda dengan browser lainnya. Pada tampilan barunya ini, selain fitur yang menyejukkan mata, peselancar dunia maya juga tak dibuat khawatir masalah kemanan menjelajah. Nic suatu contoh thema Opera Web browser saya The Amazing Spiderman.

Pasalnya, Opera memberikan sistem keamanan yang lebih baik dengan mengatur kebijakan keamanan dan privasi yang lebih mudah. Nantinya, para pengguna browser dengan logo huruf O ini akan menerima notifikasi jika sebuah situs meminta informasi lokasi dan juga bisa menghidupkan webcam secara instan.

Bagi Anda yang gemar melakukan video chat, dengan browser ini sudah bisa dilakukan. Dan seperti biasa, fitur tambahan lainnya seperti peningkatan HTML5 serta dukungan 5 bahasa juga sudah dibenamkan di dalamnya. Beberapa bahasa yang ditambahkan pada update kali ini adalah, Arab, Persia, Hebrew, Urdu, dan Kazakh.

Nah, daripada penasaran dengan bagaimana sensasi browser terbaru tersebut. Langsung saja saya beri my experience with tips dan tricks in Opera 12 pentingnya buat catatan dengan Opera, Dengan hal ini mengigat buat catatan adalah kegiatan sehari-hari kita nah agar kalian lebih mudah untuk mengoperasikan buat catatan di Opera 12 yang satu ini termasuk fitur terbaru dari Opera 12.

Yuk Cekidot…

 

1.     Bisa memilih Note di menu utama Opera, atau dari panel yang menunjukkan Note sebagai kertas segi empat yang terlipat dibagian ujung bawah.

 

2.     Untuk menulis catatan, klik Add dan mulailah menulis

 

3.   Untuk menyimpan informasi dari halaman web, cukup dengan mem-block teks, lalu klik kanan dan pilih Copy to Note, jika teks yang teman-teman copy itu berasal dari website terkenal, maka akan tersimpan bersama dengan icon website tersebut untuk sekedar mengingatkan dari mana asal catatan yang dicopy tersebut.

 

4.   Dapat juga mengkombinasikan teks dari website dengan pemikiran teman-teman, menjadi catatan sendiri tentang subjek yang berbeda, itulah keindahan Note di Opera.

 

5.    Ketika sudah selesai dengan sebuah catatan, teman-teman juga dapat mengirim keseluruhan ataupaun hanya 1 bagian saja via E-mail, dengan cara klik kanan dan pilih Send by Mail. sebagai laternatif, teman-teman juga dapat mengklik kanan bidang edit dan pilih Insert Note untuk paste teks yang disorot ke update status, pesan email, atau chat window.

 

Bawa semua catatan teman-teman! jika menggunakan Opera Link, teman-teman dapat menyimpan informasi yang dibutuhkan tepat di dalam Opera, misalnya nih, teman-teman melakukan pencarian pada komputer biasa dan menyimpan hasilnya pada catatan yang disimpan dalam browser, setelah disingkronisasi catatan dengan Opera Link, teman-teman dapat melihat catatan-catan tersebut dari ponsel dan tablet.itu saja, cepat dan mudahkan.

Namun Tips dan Trick Opera 12 tidak hanya itu saja. Ada hal yang terpenting lebih bergelut dengan Tips dan Trick utama kinerja di Opera 12 yakni  ada 3 bagian terpenting :

<AKSES MUDAH >

1. MENYINGKRONAN BOOKMARK : Anda dapat menyinkronkan bookmark secara berkesinambungan antara komputer dan ponsel dengan menggunakan Opera Link.

  • Klik icon Opera link di bilah status, lalu pilih Aktifkan Sinkronisasi.

  • Login atau buat akun.

  • Dalam opsi konfigurasi, pilih Bookmark.

Berikut tutorial video Synchronize with opera link :

2. MEMANFAATKAN PANEL di OPERA : Anda dapat melihat bookmark, riwayat, unduhan, akun email, dan sebagainya dengan mudah di sisi jendela browser dengan panel.

  • Klik tombol panel di kiri bawah.

  • Indikator panel membantu Anda memilih panel yang hendak ditampilkan.

  • Setiap panel menyediakan alat untuk membantu menangani tugas.

Berikut tutorial video Panels in opera :

3. MEMBUKA KEMBALI TAB YANG DI TUTUP : Jika Anda menutup tab dan kemudian menyadari bahwa Anda perlu kembali melihatnya, Anda dapat membukanya dengan tombol Tab yang Ditutup .

  • Klik tombol tab yang di tutup.

  • Klik nama halaman yang ingin Anda buka kembali.

Anda juga dapat dengan cepat membuka kembali tab terakhir yang Anda tutup dengan pintasan keyboard Ctrl + Shift + T .

< BROWSING LEBH CEPAT >

1. MEMPERCEPAT KONEKSI YANG LAMBAT : Opera Turbo menggunakan teknologi kompresi yang menggenjot kecepatan mengunduh halaman web di sambungan berbandwidth terbatas—misalnya, saat menggunakan koneksi Wi-Fi yang ramai di kafe atau modem dial-up yang lambat.

  • Klik tombol opera turbo.

  • Tombol Opera Turbo akan berubah hijau,  menunjukan sedang aktif.

  • Anda dapat memilih beberapa banyak data yang Anda hemat setelah membuka suatu halaman dengan mengeklik lencana Opera Turbo di bidang alamat.

Pelajari lebih jauh tentang Opera Turbo

Berikut  tutorial video Speed up slow connection with opera turbo :

2. HEMAT WAKTU DENGAN PINTASAN KEYBOARD : Di Opera, kebanyakan tindakan browser dapat dilakukan dengan pintasan keyboard. Berikut beberapa pintasan yang bermanfaat.

  • Membuka tab baru dan panggil cepat Ctrl + t ( * + t di Mac )

  • Mencari teks di halaman yang sedang di lihat . (Tombol titik)

  • Menutup tab saat ini  : Ctrl + w ( * + w  di Mac )

Temukan lebih banyak pintasan keyboard di Opera.

Berikut tutorial video Top keyboard shortcut in Opera :

3. MENGGUNAKAN GERAKAN MOUSE : Gunakan sedikit gerakan mouse untuk melakukan sesuatu dengan cepat, seperti navigasi mundur atau maju, atau membuka dan menutup tab.

  • Tekan tombol mouse. Sebuah panduan akan muncul.

  • Sambil menahan mouse kanan. Gerakan mouse ke arah tertentu untuk melakukan tindakan.

  • Lepas tombol untuk menyelesaikan tindakan.

Panduan tidak muncu jika Anda melakukan gerakan ini lebih cepat, tetapi selalu tersedia jika Anda perlu pengingat.

Pelajari lebih jauh tentang gerakan mouse.

Berikut tutorial video Opera 11 visual mouse gestures :

< PENGGUNA LEBIH CERDAS >

1. MENUMPUK TAB : Jika Anda membuka banyak halaman web, Anda dapat mengelompokkannya menjadi beberapa tumpukan untuk menatanya.

  • Seret tab langsung ke atas tab lainnya.

  • Ulangi pada tab lain yang ingin anda tumpuk.

  • Klik tombol perluas untuk membuka tumpukan.

Pelajari lebih jauh tentang tab.

Berikut tutorial video Tab stacking in the Opera browser :

2. ZOOM UNTUK MEMPERMUDAH MELIHAT KONTEN : Fungsi zoom memungkinkan Anda memperbesar konten agar mudah dibaca, atau memperkecil untuk melihat halaman atau gambar yang besar.

  • Klik tombol Lihat  di baris  status.

  • Seret slider untuk mengatur  tingkat zoom, Atau, putar roda-gulung  pada mouse saat kursor berada diatas slider.

  • Untuk mengembalikan ke default 100% tinggal klik tombol 100%.

Pelajari lebih jauh tentang  menggunakan zoom.

Berikut tutorial video Zoom for easy viewing in Opera :

3. KATA KUNCI PENCARIAN : Gunakan mesin pencari mana saja dari bidang alamat dengan menggunakan kata kunci pencarian.

  • Untuk melihat kata kunci ada, klik bidang pencarian, lalu pilih Kelola Mesin Pencari.

  • Masukkan kata kunci dalam bidang alamat, di ikuti dengan istilah pencarian. Misalnya, “W holiday” akan mencari “holiday” di Wikipedia.

  • Untuk penyedia pencarian tertentu, saran pencarian akan menebak peratanyaan sembari Anda mengetik. Pilih dari daftar atau tekan ENTER untuk menuntaskan pencarian saat anda Mengetik.

Berikut tutorial video Search keyword in Opera :

Nah itulah hal tips dan trick mempermudah dalam menggunakan Opera browser untuk para Opera Lovers sekian postingan saya agar bermanfaaat bagi kalian terutama pemula dan first time use Opera. 🙂

Untuk download  Opera 12 langsung saja di sini atau kunjungi website resminya di my.opera.com/id/blog.

Semoga bermanfaat salam Opera Lovers.

One thought on “Tips dan Trik Berselancar dengan Opera 12

  1. irfan berkata:

    Wahhh tip’s dan trick yang menarik perhatian bagi gua yang pemula nic.. 🙂
    Thanks infonya bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s