Tour Becak di New York

Saya ngeposting pertama kali ini mengenai judul Tour Becak di New York, ngak habis fikir saya tertarik kabar berita ini dari salah satu Video di situs VOA Indonesia pas tanggal 13 Mei 2012  dengan judul tentang “Tour Becak di New York” .

Nah saya beri tahu terlebih dahulu dari sejarah awal mula adanya becak. Becak dulu asal mula namanya (dari bahasa Hokkienbe chia “kereta kuda“) adalah suatu modal transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah, sehingga jumlah pengemudi becak didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi sangat tinggi. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”, dan becak digantikan dengan nama Bajaj atau Helicak.

Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:

  • Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
  • Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
  1. Becak kayuh – Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
  2. Becak bermotor/Becak mesin – Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.

Di beberapa negara lain masih ada becak yang pengemudinya berada di depan, sebagaimana dikembangkan di India, Pakistan dan Bangladesh, konsep ini yang kemudian dikembangkan dalam oleh bajay yang diambil dari India pada tahun 1970an.
nah saya mulai bertanya-tanya kepada teman-teman, apa mungkin selain di negara indonesia ada BECAK  ??? Setelah saya mulai cari tentang macam-macam becak selain di negara indonesia kita tercinta, ehh ternyata banyak negara lain yang punya becak, bahkan di negara maju seperti Amerika pun punya becak juga, tentunya dengan berbagai model, becak  punya Indonesia ternyata lumayan keren juga yaa. Wah, saya semakin bangga jadi warga Indonesia. hehe. Kalo mau tau gimana model becak di negara lain sikahkan lihat, cekidot…  ” I’am Swear ” Saya perkenalkan ada 7 macam becak di negara lain termasuk di Indonesia kita ini yang saya ketahui.

1. Nic namanya becak asli di negara kita indonesia

2. Nic becak asal negara China  yang namanya Rickshaw atau Angkong

Pada tahun 1800-an jinrikisha akhirnya sampai ke telinga masyarakat di China. Hingga dalam waktu singkat, jinrikisha dikenal sebagai kendaraan pribadi kaum bangsawan dan kendaraan umum. Kendaraan ini diberi nama rickshaw. Sementara penghelanya disebut hiki. Tapi, lama-lama para pemerhati kemanusiaan di China iba melihat para hiki yang kerja bagaikan kuda itu. Mulai 1870 rickshaw dilarang beroperasi di seluruh jalan-jalan negeri China. Sedangkan inrikisha di Jepang sebelumnya sudah lama dilarang. Diilhami jinrikisha dan rickshaw, tiba-tiba saja sekitar tahun 1941 untuk pertama kalinya di kota-kota besar di Indonesia muncul becak. Berbeda dengan jinrikisha dan rickshaw yang beroda dua dengan ban mati, becak sudah lebih modern. Rodanya tiga dan menggunakan ban angin, mengemudikannya dikayuh dengan dua kaki.

3. Nic becak asal negara Jepang yang namanya Jinrikisha

Ternyata asal-usul becak dari Jepang. Munculnya kendaraan yang ditarik dengan tenaga manusia itu, untuk pertama kalinya hanya kebetulan saja. Tahun 1869, seorang pria Amerika yang menjabat pembantu di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang, berjalan-jalan menikmati pemandangan Kota Yokohama. Suatu saat ia berpikir, bagaimana cara istrinya yang kakinya cacat bisa ikut berjalan-jalan?. Tentu diperlukan sebuah kendaraan. Kendaraan itu, pikirnya, tidak usah ditarik kuda karena hanya untuk satu penumpang saja. Kemudian ia mulai menggambar kereta kecil tanpa atap di atas secarik kertas. Rancangan tersebut ia kirimkan kepada sahabatnya, Frank Pollay. Pollay membuatnya sesuai rancangan Goble lalu membawanya ke seorang pandai besi bernama Obadiah Wheeler. Jadilah becak.

4. Nic becak asal negara Inggris yang namanya Rickshaw

5. Nic becak asal Jerman yang namanya Velotaxi

Untuk meningkatkan kemampuan becak dan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor dan menjadi tren dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunaan gigi percepatan/transmisi seperti yang digunakan dalam sepeda modern sehingga bisa melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat aerodinamis serta pengemudinya berada di depan ruang penumpang. Tren itu berupa alat transportasi umum bebas polusi bertenaga manusia—dikayuh—dan diberi nama “Velotaxi” di negara Jerman.

6. Nic becak asal negara Amerika yang namanya sama dengan di inggris yaitu Rickshaw

7. Nic becak traditional negara Belanda yang namanya Bakfiets

Becak mempunyai 3 roda , 2 roda dibagian depan dan 1 roda dibagian belakang. Dua roda dibagian depan dihubungkan dengan sebuah poros tetap dan kedua roda depan ini bisa digerakan secara bersama sama dengan porosnya untuk membelokan becak. Pengemudi becak duduk hampir diatas roda yang dibelakang menggenjot epdal dan rantai yang memutar roda belakang. Penumpang duduk dikursi yang berada diatas 2 roda depan . Peredam guncangan ada diroda bagian depan berupa per daun yang dipasang antara poros roda dengan badan becak. Penumpang didepan biasanya dilindungi oleh badan becak yang terbuat dari kayu dan atap terpal serta penutup depan dari plastik bening yang ditutup hanya pada saat hujan saja. Sebagai alat penghenti laju becak , ada sebuah rem sederhana yang menghentikan laju dari roda belakang, rem ini digerakan oleh pengemudi menggunakan sebuah tongkat yang diletakan diantara kursi pengemudi dengan kabin penumpang. Desain dari becak ini (kecuali bagian kabin penumpangnya) sangat mirip dengan gerobak barang tradisional belanda yang bernama Bakfiets.

Inilah menariknya tentang becak mulai dari sejarah becak sampai macam-macam becak selain di negara Indonesia kita ini, maka dari itu jangan melupakan salah satu transportasi darat yang mulai dari jaman dolo’e sampai trend di tahun ini. Dan sebagai bukti otentik becak di negara Amerika kota New York Frankie Legaretta, mengaku senang menjalankan profesinya ini, karena selain tidak suka bekerja dalam ruang ber-AC, Frankie bisa sekaligus menjadi pemandu wisata bagi penumpangnya dan bertemu dengan para pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Simak ceritanya dalam klips yang satu ini Video dari Tim Liputan VOA .

Sementara ulasan tentang tour becak sampai di sini  dulu teman, untuk postingan Saya kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadikan sepintas pengetahuan diri kita untuk semua yang telah membaca artikel tentang ” Tour Becak Di New York “.

Written by Reza Akbar Z.H  at 6.00 PM

 

 

 

Iklan

8 thoughts on “Tour Becak di New York

    • Oh ya… za. gpp lebiih banayak berkunjung lebih banyak terimakasih saya kepada yang share nc tentang becak.

      Ma’af teman sudah lama ngak saya buka nic blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s