“TREND MEDIA SOSIAL 2012 DI INDONESIA”


Kehadiran social ARWUDA INDONESIA (SOCIAL MEDIA AGENCY) media ini menawarkan terminologi yang baru. Selain itu, bagi setiap perusahaan, mereka perlu memikirkan tanggung jawab yang berbeda untuk setiap jenjang yang berbeda dan menciptakan tren terbaru dalam media sosial. Sebagai agensi komunikasi pemasaran dengan platform media sosial, Arwuda Indonesia menjawab bahwa media sosial adalah sarana yang bagus untuk bertukar informasi tentang segala hal lewat media sosial komunikasi.

Social Media adalah sebuah tempat untuk kebebasan berekspresi, menunjukkan kepada orang lain apa yang ada pada diri sendiri kepada orang lain. Ya! Kita melihat berbagai macam ‘model’ update status dipublikasikan melalui streamline Social Media – apakah itu Twitter, Facebook dan lainnya, mulai dari update status berbagi informasi, update status bernuansa iklan yang menawarkan produk atau jasa sampai dengan update status yang lebih bersifat pribadi atau ‘keakuan’ – mempublikasikan informasi informasi yang terkait dengan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan sehari hari sang pelaku update status.

Ini adalah jamannya kebebasan untuk berekspresi, setiap orang memiliki hak untuk menunjukkan ‘dirinya’ kepada orang lain.

Mengatakan apa pendapat, opini atau sekedar celoteh celoteh ringan yang bisa dilihat dan dibaca oleh orang lain melalui Social Media. Tapi tentu saja, sebuah kebebasan di sini tidak berarti bisa benar benar ‘bebas’ melakukan apa saja yang kita inginkan, tentu masih harus ada ‘rambu rambu’ yang harus kita patuhi – sebuah kode etik yang harus diperhatikan agar apa yang kita publikasikan tidak merugikan orang lain atau malah merugikan diri sendiri.

Kita sering mendengar sebuah ungkapan yang mengatakan ‘mulutmu adalah harimaumu’, apa yang kita katakan bisa balik menerkam diri sendiri. Dalam Social Media, setiap kata yang kita publikasikan dibaca oleh orang lain, sadar atau tidak kita membawa ’nilai diri’ yang akan ‘dinilai’ oleh orang lain ketika membaca setiap update status yang kita lakukan.

Saya beri pengetahuan sedikit tentang sejarah-sejarah Sosial media dimulai dari FACEBOOK adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. GOOGLE didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakanperusahaan saham pribadi pada 4 September 1998Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. TWITTER berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru. YOUTUBE adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klipvideo secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), filmTV, serta video buatan para penggunanya sendiri.Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. FOURSQUARE adalah sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak. Layanan ini tersedia kepada pengguna dengan peralatan bergerak yang dilengkapi GPS, seperti telepon pintar. Pengguna “check-in” (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerakpesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut. Setiap cek masuk memberi pengguna poin dan “badge” (lencana). Layanan ini dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Crowley sebelumnya telah mendirikan proyek sejenis bernamaDodgeball sebagai proyek tesis kelulusannya pada jurusan Interactive Telecommunications Program (ITP) di New York UniversityGooglemembeli Dodgeball pada 2005 dan membubarkannya pada 2009, kemudian digantikan oleh Google Latitude. Interaksi pengguna Dodgeball didasarkan pada teknologi SMS, bukan aplikasi.

Sosial Media Dalam Dunia Pekerjaan
Banyak pelaku Social Media yang dalam kehidupan sehari harinya adalah seorang pekerja/karyawan pada sebuah perusahaan tertentu. Kita sering melihat pelaku Social Media yang dengan bangganya ‘memajang’ nama perusahaan tempat bekerja di dalam profilnya – tentu saja sebuah kebanggaan dan bahkan mungkin bisa menambah ‘nilai diri’ di mata orang lain jika tempatnya bekerja itu adalah sebuah perusahaan besar yang cukup terkenal. Tapi satu hal penting yang sepertinya kurang diperhatikan oleh para pelaku Social Media tersebut adalah .. sebenarnya mereka tidak sedang hanya membawa dirinya saja tapi juga membawa nama atau brandname perusahaan dalam setiap aktifitasnya di Social Media Namun beda dengan sosial yang satu ini yaitu :

Sosial media dan pengguna internet
Secara sepihak saya berpendapat bahwa pengguna internet saat ini sedang fokus pada social media terutama facebook dan selanjutnya twitter.Pengguna Facebook

terakhir tercatat lebih dari 400 juta user dan 90% aktif. Bahkan banyak orang yang hanya menggunakan internet untuk bersosial media khususnya facebook. Oleh karena itu social media menjadi media yang paling bagus ketika berbicara tentang pemasaran di internet atau internet marketing.

Banyak webmaster selama ini mengandalkan SEO (search engine optimization) sebagai alat paling diandalkan dalam internet marketing. Tetapi sejak membludaknya pengguna social media di internet, secara otomatis pula mereka mulai melirik social media untuk dijadikan media marketing dan terbukti nyata. Bahkan bisa dikatakan sebanding atau sejajar dengan pemasaran yang dilakukan melalui search engine atau kita kenal dengan search engine marketing (SEM). Sebagian juga berpendapat masih dibawah SEO.

Banyak orang sudah membuktikan bahwa social media benar benar media ampuh untuk mendatangkan traffic bahkan menghasilkan peningkatan dalam penjualan. Selain itu sosial media juga terbukti dapat mendatangkan traffic baik secara langsung maupun melalui mesin pencari yaitu Google

. Seperti kita tahu, posting dan tweet sekarang juga terintegrasi langsung di hasil pencarian Google. Bahkan topik topik yang sedang dibicarakan (di twitter)
akan muncul di halaman pencarian google secara live. Coba saja ketik topik yang sedang hangat dibicarakan di tab pencarian Google, seperti saat bulan january lalu Marissa Haque terlibat ‘perang dingin’ dengan komposer Addie MS. Berawal dari sebuah blog, ‘perang’ tersebut berlanjut sampai ke Twitter. Apa kata suami Marissa, Ikang Fawzi soal kisruh hal tersebut.

Dan satu hal lagi yang ngak ketinggalan tentang YouTube yang ngak asing dari tontonan para video lovers terutama yang narsis lewat media YouTube agar tenar 😀 

Kurang satu nic ngak asing juga sebenernya sich namun sepertinya di Trend Media Sosial 2012 nic Foursquare  merupakan situs web jejaring sosial yang berbasis lokasi. Layanan ini dapat berfungsi bagi pengguna yang memiliki gadget yang dilengkapi dengan GPS.  Pengguna “check-in” di berbagai tempat melalui gadget. Setiap “check-in” yang masuk mendapatkan poin dan juga badge sebagai reward-nya.

Ngak bakal ketinggalan juga sosial media terlebih dahulu dari facebook, dan twitter sebelumnya seperti yang satu ini yaitu friendster.


Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View,California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut. Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan “kakek”-nya semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.

Pada Mei 2011, perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada “hiburan dan kesenangan”, dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun justru melengkapinya.

Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik setiap bulannya; namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja.

Lebih dari 90% lalu lintas Friendster berasal dari Asia. Di Asia, pada 2008, Friendster memiliki pengunjung unik bulanan lebih banyak daripada jejaring sosial lain. 10 negara teratas yang sering mengakses Friendster menurut Alexa pada 7 Mei 2009 adalahFilipinaIndonesiaMalaysiaSingapuraPakistanUni Emirat ArabSudanKorea SelatanBangladesh, dan India.

Berikut adalah hal hal yang mungkin perlu anda perhatikan juga :

Jangan mengakses Social Media Pada Jam Kerja. Kecuali anda memang bekerja dalam sebuah departemen khusus yang menggunakan Social Media untuk kepentingan perusahaan – sangat bijaksana bagi anda untuk tidak mengakses Facebook, Twitter dan situs social media lainnya pada saat jam kerja. Social Media memang bisa digunakan sebagai media untuk mengusir kejenuhan ketika sedang bekerja, tetapi menggunakannya secara berlebihan ketika sedang bekerja itu sama saja dengan menunjukkan betapa diri anda adalah seseorang yang sangat mudah untuk ‘dialihkan perhatiannya’ alias tidak fokus pada pekerjaan.

Waspadalah *sekedar mengingatkan.

Jadi 5″ TREND MEDIA SOSIAL 2012 DI INDONESIA” inilah yang booming dan semakin meningkat ratingnya yang akan mendatang 😀 TERIMAKASIH SEBELUMNYA ANDA TELAH MEMBACA ARTIKEL 5 KATAGORI TREND MEDIA SOSIAL 2012 DI INDONESIA.

3 thoughts on ““TREND MEDIA SOSIAL 2012 DI INDONESIA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s